Kurikulum

Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi, bahan kajian, maupun bahan pelajaran serta cara penyampaiannya, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran di perguruan tinggi. Kurikulum seharusnya memuat standar kompetensi lulusan yang terstruktur dalam kompetensi utama, pendukung dan lainnya yang mendukung  tercapainya tujuan, terlaksananya misi, dan terwujudnya visi program studi. Kurikulum memuat mata kuliah/modul/blok yang mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya, serta dilengkapi dengan deskripsi mata kuliah/modul/blok, silabus, rencana pembelajaran dan evaluasi. Kurikulum harus dirancang berdasarkan relevansinya dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terbentuknya hard skills dan keterampilan kepribadian dan perilaku (soft skills) yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi.

Kurikulum Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah 2016/2017 dikembangkan dari profil program studi  dengan mengacu pada visi dan misi, telah merujuk pada standar KKNI dan panduan kurikulum pendidikan tinggi.

Kompetensi yang harus dipenuhi oleh lulusan yang telah dirumuskan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah berdasarkan profil program studi dengan memperhatikan visi dan misi program studi, fakultas (FKIP) dan universitas (Unsyiah). Tingkat kedalaman dan keluasan kompetensi mengacu pada jenjang kualifikasi KKNI yang berkaitan dengan ketrampilan khusus (kemampuan kerja) dan penguasaan pengetahuan mencakup sikap dan ketrampilan umum yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) sebagai standar minimal.

Bersama dengan seluruh program studi yang bernaung di bawah Universitas Syiah Kuala, Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah sejak semester Ganjil 2016/2017 telah memberlakukan kurikulum yang berstandar KKNI. Keseluruhan SKS yang harus diselesaikan, baik mata kuliah inti maupun mata kuliah pilihan, adalah 145 sks yang terdiri dari 141 SKS Merupakan Mata Kuliah Wajib (Terdiri atas 102 sks mata kuliah inti dan 39 sks mata kuliah institusi. Kedua jenis mata kuliah ini wajib diambil oleh seluruh mahasiswa.) dan 4 SKS Mata Kuliah Pilihan (Jumlah minimum mata kuliah pilihan yang wajib diambil oleh setiap mahasiswa adalah 4 sks dari 10 sks yang ditawarkan. Semua mata kuliah pilihan ini merupakan kelompok mata kuliah inti).

Berikut daftar urutan mata kuliah persemester di Program Studi Pendidikan Sejarah

SEMESTERKODE MATA KULIAHNAMA MATA KULIAHBOBOT
1MKS 101Bahasa Indonesia2 (2-0)
1MKS 106Pengetahuan Lingkungan dan Kebencanaan 2 (2-0)
1EDU 101Landasan Pendidikan2 (2-0)
1SJW 101Pengetahuan Aplikasi Komputer2 (1-1)
1SJW 103Pengantar Ilmu Sejarah3 (3-0)
1SJW 105Dasar-Dasar Antropologi2 (2-0)
1SJW 107Dasar-Dasar Geografi2 (2-0)
1SJW 109Dasar-Dasar Ekonomi2 (2-0)
1SJW 111Dasar-Dasar Politik2 (2-0)
2MKS 103Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan2 (2-0)
2MKS 105Pendidikan Agama2 (2-0)
2MKS 102Ilmu Alam Dasar2 (2-0)
2EDU 102Filsafat Pendidikan2 (2-0)
2SJW 102Dasar-Dasar Sosiologi2 (2-0)
2SJW 104Dasar-Dasar Statistika 2 (2-0)
2SJW 106Pengantar Sejarah Indonesia2 (2-0)
2SJW 108Sejarah Eropa3 (3-0)
2SJW 110Sejarah Asia Selatan3 (3-0)
3MKS 201Bahasa Inggris2 (2-0)
3EDU 201Psikologi Pendidikan2 (2-0)
3SJW 201Strategi Belajar Mengajar Sejarah3 (3-0)
3SJW 203Sejarah Indonesia s/d 1500 M3 (3-0)
3SJW 205Sejarah Asia Timur3 (3-0)
3SJW 207Teori dan Metodologi Sejarah3 (3-0)
3SJW 209Sejarah Asia Tenggara3 (3-0)
3SJP 501Sejarah Hub. Internasional*2 (2-0)
4EDU 202Kurikulum dan Pembelajaran2 (2-0)
4EDU 204Pengantar Managemen Pendidikan2 (2-0)
4EDU P02Magang Kependidikan I 1 (0-1)
4SJW 202Evaluasi Pembelajaran Sejarah3 (3-0)
4SJW 204Sejarah Indonesia Abad XVI – XX3 (3-0)
4SJW 206Sejarah Aceh Klasik (Periode Awal s/d Agresi Belanda)2 (2-0)
4SJW 208Kajian Kurikulum SMP/SMA2 (2-0)
4SJW 210Studi Masyarakat dan Kebudayaan Indonesia2 (2-0)
4SJW 212Dasar-Dasar Arkeologi2 (2-0)
4SJP 502Sejarah Intelektual*2 (2-0)
5EDU 301Profesi Pendidikan2 (2-0)
5EDU P03Magang Kependidikan II1 (0-1)
5SJW 301Perencanaan Pembelajaran Sejarah2 (1-1)
5SJW 303Pendidikan IPS2 (2-0)
5SJW 305Sej. Indo. Masa Pergerakan Nasional3 (3-0)
5SJW 307Sejarah Aceh Kontemporer (Dari Agresi Belanda s/d Sekarang)2 (2-0)
5SJW 309Filsafat Sejarah2 (2-0)
5SJW 311Bahasa Sumber (Bahasa Belanda)3 (3-0)
5SJW 313Sejarah Pendidikan2 (2-0)
5SJP 503SejarahMaritim*2 (2-0)
6EDU 302Pengajaran Micro Teaching3 (1-2)
6SJW 302Penelitian Pendidikan Sejarah3 (2-1)
6SJW 304Sej. Indonesia Masa Kemerdekaan3 (3-0)
6SJW 306Sejarah Afrika 2 (2-0)
6SJW 308Historiografi2 (2-0)
6SJW 310Sejarah Perkembangan dan Pemikiran Islam2 (2-0)
6SJW 312Metode Sejarah2 (1-1)
6SJW 314Bahasa Sumber (Arab Melayu)2 (2-0)
6SJP 504Sejarah Perkebunan*2 (2-0)
7MKS P02Kuliah Kerja Nyata2 (2-0)
7EDU P05Magang Kependidikan III2 (0-2)
7SJW 401Sejarah Politik2 (2-0)
7SJW 403Sejarah Sosial2 (2-0)
7SJW 405Pengembangan Lab dan Media Pembelajaran Sejarah3 (1-2)
7SJW 407Kapita Selekta Sejarah Indonesia2 (2-0)
7SJW 409Praktik Lapangan Objek Sejarah (PKL)1 (0-1)
7SJW 411Sejarah Asia Barat2 (2-0)
7SJW 413Sej Australia dan Oceania2 (2-0)
7SJP 505Sejarah Kota*2 (2-0)
8SJW 402Sejarah Ekonomi Indonesia2 (2-0)
8SJW 404Sejarah Amerika2 (2-0)
8EDU PA1Skripsi4 (0-4)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *